image Rokit Williams Racing FW42 Rokit Williams Racing FW42

Ini Alasan Tim Williams Absen Dua Hari Tes Pramusim

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : ROKiT Williams Racing | Editor: Andi Wahyudi | 21 February 2019

uploads/news/2019/02/williams-tidak-ingin-menyalahkan-536635bc885ec47.jpg

Williams Tidak Ingin Menyalahkan Siapapun

george-russell-rokit-williams-785011fc9b0a5cb
george-russell-rokit-williams-8943156acd5ca80
SPORTKU.COM

Tim F1 ROKiT Williams Racing tidak menyalahkan satu individu terkait absennya FW42 di tes pramusim.

Hal itu disampaikan secara jelas oleh wakil kepala tim Claire Williams melalui keterangannya kepada media beberapa waktu lalu. "Selalu ada banyak spekulasi dalam situasi ini, tapi kami tidak menyalahkan siapa pun di Williams karena itu bukan pertandingan, tapi lebih kepada kesiapan untuk menuju suatu yang pasti di depan mata kita," kata Claire.

Tim asal Inggris itu memutuskan absen dari sesi tes pramusim yang berlangsung di Sirkuit de Barcelona, Catalunya pada Senin (18/2) dan Selasa (19/2). Mobil pesaing 2019 mengalami kemunduran produksi yang membuat mobil itu baru muncul di lintasan untuk melakoni pengujian pada Rabu (20/2) sore di bawah kendali pebalap rookie George Russell.

Mengaku belum sepenuhnya tampil maksimal, pebalap Inggris itu hanya sanggup berputar sebanyak 23 lap dengan catatan waktu 1menit 25,625detik, tertinggal hampir delapan detik dari pemimpin Daniil Kvyat. "Hari ini lebih dari sekadar penggeledahan," kata Russell usai tes pramusim di Barcelona. "Kita akan segera mendapatkan running out yang tepat, besok."

Selain itu menurut laporan, penahanan FW42 juga terkait dengan kemungkinan cacat desain yang membutuhkan komponen tertentu untuk didesain ulang, serta penjadwalan produksi yang buruk dan keterlambatan dengan pemasok eksternal. Penundaan itu jelas menjadi sorotan bagi Direktur Teknis Paddy Lowe, namun dibantah oleh Claire.

Baca Juga :
Rokit Williams Racing Meluncurkan Mobil Baru FW42

"Masalahnya ada di kita, dan saya tidak ingin memilih departemen mana yang harus bertanggung jawab atas masalah ini. Kami hanya ingin memastikan kesiapan secara keseluruhan agar dapat memberikan mobil dan melakukan review setelah aksi dan belajar dari kesalahan," ujar Claire.

Williams juga tidak mau mengungkapkan alasan spesifik di balik keterlambatan FW42, mereka cukup percaya bahwa serangkaian faktor datang secara bersamaan untuk merusak pengenalan mobil di waktu yang sudah ditentukan. 

"Jelas kami tahu penyebab utamanya, tapi kami tidak ingin benar-benar merinci. Kami hanya perlu melakukan analisis dan yang paling penting sekarang kami telah mendapatkan mobil ini di sini," lanjutnya.

Tapi tim mengakui bahwa absennya FW42 di hari pertama dan kedua merupakan kemunduran yang signifikan untuk pakaian berbasis di Grove itu, dan dampak terbesar dari penundaan telah mereka rasakan secara internal. "Semua orang bekerja sekeras mungkin untuk menyelesaikannya," tambah Russell.

"Kurasa itu tidak akan terlalu membahayakan untuk kita. Pengujian musim dingin memang penting, tapi begitu kamu berlomba semua akan berbeda dengan balapan yang sebenarnya. Jadi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, dan mudah-mudahan kejuaraan di Melbourne nanti akan memberikan hasil yang berbeda dari sekadar tes pramusim hari ini," pungkas juara Formula 2 2018 itu.

Baca Juga :
Williams Racing dan Renault Putuskan Tidak Mengikuti Shakedown

 

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : ROKiT Williams Racing | Editor: Andi Wahyudi | 21 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

5 Fakta Baru di TTI

5 Fakta Baru di TTI

CIRCUIT
Safety Car McLaren British GT

Safety Car McLaren British GT

SPORTCAR
Bridgestone Tetap Eksis di Motorsport

Bridgestone Tetap Eksis di Motorsport

CIRCUIT
Mobil Balap Baru Toyota

Mobil Balap Baru Toyota

SPORTCAR

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company