image

Brexit Menimbulkan Kekacauan untuk Balap Formula 1

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Mercedes AMG F1 | Editor: Andi Wahyudi | 21 February 2019

SPORTKU.COM

Dampak keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit), juga menimbulkan dampak besar untuk gelaran balap F1, khususnya tim-tim besar di dalamnya.

Salah satu dampak yang ditimbulkan dari efek Brexit (Britih Exit) adalah perihal perpajakan yang akan timbul di kemudian hari. Menurut Kepala Tim Mercedes, Toto Wolff, dari dampak tersebut sangat mengganggu kelangsungan balap Formula 1, khususnya bagi mereka yang berada di Inggris. Pasalnya, Mercedes merupakan salah satu tim yang bermarkas di Inggris dan membutuhkan peralatan dan bahan dari luar Inggris, khususnya Uni Eropa.

"Brexit adalah masalah utama bagi kami, karena itu harus menjadi perhatian utama bagi kita semua yang tinggal dan beroperasi di Inggris. Setiap gangguan besar, dengan perbatasan atau pajak pasti akan merusak industri Formula 1, di Inggris khususnya. Itu (Brexit) adalah induk dari semua kekacauan," ujar Toto Wolff, seperti dilansir BBC.

Baca Juga :
5 Livery Mobil Formula 1 Paling Kece

Bukan hanya itu yang menjadi fokus dari Toto Wolff. Menurut Wolff ia mengkhawatirkan mengenai tim-tim lain yang tidak berbasis di Inggris, akan ada ketimpangan dari sisi keuntungan yang akan didapat untuk beberapa tim dalam masa depan mereka di Formula 1.

"Semua orang di Ferrari, Toro Rosso dan Alfa Romeo, akan memiliki keunggulan besar atas setiap tim yang berbasis di Inggris. Itu adalah skenario mimpi buruk yang tidak ingin saya bayangkan. Jika Brexit tanpa kesepakatan terjadi seperti yang sedang dibahas, itu akan memiliki dampak besar dalam hal operasi kami (Mercedes) pergi ke balapan dan membuat pengembangan mobil kami," tambah Wolff.

Sebagai salah satu kabar yang telah santer, jika dampak Brexit tidak dapat lagi ditanggulangi, maka Mercedes AMG F1 dikatakan tidak akan lagi bermain dalam panggung yang mengadu Jet Darat di atas lintasan ini. Hal tersebut dikarenakan beberapa efek negatif yang terlalu banyak dari keputusan keluarnya Inggris dari Uni Eropa

Salah satu hal yang tampak adalah, Honda yang telah mengkonfirmasi menutup pabrik besar mereka di Inggris lantaran ancaman dari dampak keluarnya Inggris dari Uni Eropa. Saat ini, Honda telah menjadi pemasok utama mesin untuk dua tim seperti Toro Rosso dan Red Bull Racing. Dengan ditutupnya pabrik mereka, Honda percaya bahwa akan ada kemudahan dalam hal perpajakan untuk barang yang tidak melintasi Inggris terlebih dahulu.

Baca Juga :
Ini Alasan Tim Williams Absen Dua Hari Tes Pramusim

 

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Mercedes AMG F1 | Editor: Andi Wahyudi | 21 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

5 Fakta Baru di TTI

5 Fakta Baru di TTI

CIRCUIT
Safety Car McLaren British GT

Safety Car McLaren British GT

SPORTCAR
Bridgestone Tetap Eksis di Motorsport

Bridgestone Tetap Eksis di Motorsport

CIRCUIT
Mobil Balap Baru Toyota

Mobil Balap Baru Toyota

SPORTCAR

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company