image

Formula 1 Berencana Buka Tender Gearbox untuk Musim 2021

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 22 February 2019

SPORTKU.COM

Baru-baru ini, Formula 1 telah memberikan informasi baru mengenai pemasok gearbox untuk menghadapi musim 2021 mendatang.

Dalam kutipan yang dirilis dari Formula1.com, mereka telah menetapkan langkah bahwa nantinya penyuplai gearbox untuk setiap mobil yang bertarung di Formula 1 akan menggunakan jeroan gearbox yang sama. Seperti kita ketahui, saat ini penyuplai gearbox berasal dari tim-tim besar, sebagai contoh adalah Alfa Romeo dan Haas, mereka menggunakan gearbox milik skuat Maranello, Scuderia Ferrari.

Meskipun nantinya penggunaan gearbox tersebut akan dipasok oleh satu produsen, maka untuk urusan lainnya seperti housing dan lain-lain, tetap diserahkan kepada masing-masing tim. Tidak ada regulasi yang mengatur untuk hal tersebut, sehingga jeroan gearbox menggunakan satu merk, namun untuk housing, bisa menggunakan buatan tim itu sendiri.

Baca Juga :
Renault Sport Terkena Dampak Regulasi Baru F1 2019 

"Tujuan dari suplai sumber tunggal adalah untuk mempertahankan kinerja pergantian gigi Formula 1 saat ini untuk semua mobil dengan biaya yang lebih rendah bagi para pesaing sembari juga menghilangkan persyaratan bagi tim untuk merancang atau mencari gearbox mereka sendiri. Untuk permukaan aero gearbox dan housing luar akan tetap dispesifikasi oleh tim, dengan dalaman gearbox yang sama," tulis pernyataan dari Formula 1.

Setelah penetapan tersebut disahkan, FIA berencana untuk melibatkan tim agar menggunakan empat unit gearbox permusim, ini berdasarkan kalender Formula 1 yang membengkak menjadi 24 kali balapan dengan lima kali tes. Unit tersebut dapat digunakan kapan saja selama musim berlangsung. Adapun salah satu sebab yang melandasi open tender tersebut adalah karena tidak ingin membenani tim tersebut dengan biaya yang lebih terjangkau.

Bagi produsen siapa pun yang tertarik untuk mengikuti tender tersebut, penyelenggara mengatakan bahwa mereka harus menyerahkan proposal mereka sebelum 15 Maret mendatang. Nantinya, mengenai keputusan tersebut, akan segera diumumkan satu bulan setelahnya atau sekitar tanggal 15 sampai 30 April 2019.

Baca Juga :
Sebastian Vettel atau Charles Leclerc, Pebalap yang Menjadi Prioritas Scuderia Ferrari?

 

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 22 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company