image

Indonesia Resmi Menjadi Calon Tuan Rumah Olimpiade

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Pariyono | Editor: | 23 February 2019

uploads/news/2019/02/indonesia-calon-tuan-rumah-903541b9bd40eea.JPG

Indonesia Calon Tuan Rumah Olimpiade

mampukah-indonesia-menjadi-tuan-54383d202feae33
SPORTKU.COM

Surat dari Presiden Jokowi sudah diterima oleh Presiden IOC Thomas Bach, Indonesia resmi mengajukan diri sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang.

Usai menjadi penyelenggara yang sukses bagi pesta olahraga Asian Games dan Asian Para Games 2018, kini kabarnya Indonesia tengah mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah bagi perhelatan akbar Olimpiade tahun 2032.

Banyak yang optimis Indonesia mampu menjadi penyelenggara bagi ajang olahraga internasional empat tahunan yang mempertandingkan cabang-cabang olahraga musim panas dan musim dingin, serta diikuti oleh ribuan atlet yang berkompetisi dalam berbagai pertandingan olahraga. Tak terkecuali Presiden RI Joko Widodo, Menpora Imam Nahrawi, dan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir.

Bahkan, Indonesia pun sudah resmi mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, yang ditandai dengan penyerahan surat asli dari Jokowi kepada Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach di Sekretariat IOC, Lausanne, Swiss. Surat yang menyatakan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah tersebut disampaikan oleh Dubes RI di Bern Muliaman D Hadad pada (11/2) beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Presiden RI secara lisan telah menyampaikan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade kepada Thomas Bach saat berkunjung ke Indonesia pada 2018. Presiden juga telah menyampaikan surat yang menyatakan keinginan Indonesia itu secara tertulis. Surat yang telah diterima oleh Thomas mendapat respon positif, terlebih setelah kesuksesan Indonesia selama perhelatan Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Christophe Dubi selaku Executive Director IOC mengatakan bahwa pihaknya sudah mengakui kapabilitas Indonesia pada saat penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018 yang berjalan sukses, "Kami rasa ini menjadi fondasi yang cukup kuat," kata Dubi pada pertemuan dengan Dubes RI Bern Muliaman D Hadad.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir yang juga berperan sebagai ketua penyelenggara Asian Games 2018 berujar mengenai kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032, "Jika ditanyakan kesiapan, saya yakin Indonesia akan siap. Buktinya, kita mampu menggelar Asian Games 2018, meski hanya memiliki dua tahun tiga bulan persiapan," katanya seperti yang ditulis Republika.

Baca Juga :
Sudah Layakkah Indonesia Menjadi Tuan Rumah Olimpiade?

Menurut Erick, langkah selanjutnya setelah pengajuan resmi itu adalah Indonesia harus lebih sering menggelar single event bertaraf internasional sebagai ajang persiapan. "Salah satunya, di cabang bola basket dengan Indonesia jadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang untuk Piala Dunia Bola Basket 2023," terangnya.

Erick berharap, federasi olahraga lainnya di Tanah Air juga banyak melakukan hal tersebut sebagai upaya lobi dan persiapan. Dengan sering menggelar kejuaraan-kejuaraan bertaraf internasional, selain menjadi salah satu ajang promosi untuk tuan rumah Olimpiade 2032, maka akan meningkatkan animo masyarakat. "Venue yang sudah dibangun juga tidak terbengkalai. Apalagi venue-venue yang sudah digunakan untuk Asian Games 2018 lalu sudah memenuhi standar internasional." jelasnya.

Selain itu dengan menjadi penyelenggara bagi Olimpiade 2032, Indonesia bisa semakin menunjukkan kapabilitas sebagai negara besar, yang memang berpredikat sebagai negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan anggota G-20 (kelompok 20 ekonomi utama dengan perekonomian besar di dunia yang resmi dibentuk tahun 1999).

Dengan resminya Indonesia mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032, Menpora Imam Nahrawi mengajak masyarakat untuk sama-sama memberi dukungan. Ia pun optimistis Indonesia mampu menggelar multievent olahraga terbesar di dunia itu. "Selamat untuk kita semua. Kita harus optimistis, harus yakin Indonesia terus berdiri kokoh. Sekarang Indonesia menyiapkan diri untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032," kata Imam, Rabu (20/2).

Keyakinan tersebut, kata Imam, tidak lepas dari kesuksesan Indonesia beserta rakyatnya dalam menyelenggarakan Asian Games pertengahan tahun lalu. "Terima kasih atas doa dan dukungan masyarakat. Indonesia sukses menjadi tuan rumah pada Asian Games dan Asian Para Games 2018. Ini adalah perjuangan kita semua," ujarnya.

Selain Indonesia, gabungan Korea Selatan dan Korea Utara juga mencalonkan diri menjadi tuan rumah dalam Olimpiade musim panas tersebut. Proses pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032 akan dilaksanakan selambat-lambatnya pada 2024. Tokyo, Paris, dan Los Angeles kini telah ditetapkan sebagai tuan rumah Olimpiade berturut-turut pada tahun 2020, 2024, dan 2028.

mampukah-indonesia-menjadi-tuan-54383d202feae33.jpg

Baca Juga :
Indonesia Bertekad untuk Menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Pariyono | Editor: | 23 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

KM 166 Meriahkan FDR Day

KM 166 Meriahkan FDR Day

HOT ISSUE
JVT Gabung di FDR Day

JVT Gabung di FDR Day

HOT ISSUE
Knalpot Pro Speed Jaga Eksistensi

Knalpot Pro Speed Jaga Eksistensi

HOT ISSUE
Millennial Road Safety Festival 2019

Millennial Road Safety Festival 2019

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company