image

Atlet dan Insan Olahraga Beri Dukungan untuk Indonesia Menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Pariyono, Muhamad Dahroji | Editor: | 23 February 2019

uploads/news/2019/02/atlet-beri-dukungan-untuk-72125a18375c51d.jpg

Atlet Beri Dukungan untuk Indonesia

opening-ceremony-asian-para-44024ddec2c0c62
SPORTKU.COM

Indonesia resmi mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, sejumlah atlet dan insan olahraga beri dukungan untuk Tanah Air.

Pencalonan ditandai dengan penyerahan surat asli Presiden RI Joko Widodo kepada Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach di Sekretariat IOC, Lausanne, Swiss. Surat yang menyatakan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2032 itu disampaikan oleh Dubes RI di Bern Muliaman D Hadad pada (11/2) yang lalu.

Salinan surat telah diterima oleh Thomas dan direspons dengan positif, terlebih setelah kesuksesan Indonesia selama perhelatan Asian Games dan Asian Paragames 2018. Christophe Dubi selaku Executive Director IOC mengatakan, "IOC sudah mengakui kapabilitas Indonesia pada saat penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018 yang berjalan sukses. Kami rasa ini menjadi fondasi yang cukup kuat," kata Dubi.

Dengan resminya Indonesia sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032, beberapa atlet dan insan olahraga memberi dukungan dan optimistis atas pencapaian tersebut. Atlet angkat besi, Eko Yuli Irawan misalnya, ia yakin pada putusan akhir tahun 2024 nanti Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. "Itu menjadi pengalaman penting bagi Indonesia. Yang pasti senang bisa mencalonkan menjadi tuan rumah Olimpiade," kata Eko kepada Republika.

Peraih medali perunggu dan perak dalam tiga Olimpiade berturut-turut ini berharap, generasi mendatang dapat menorehkan prestasi gemilang di banyak cabang olahraga, khususnya cabang yang digelutinya, yakni angkat besi. "Mudah-mudahan generasi selanjutnya dapat bersaing. Yang penting jalani prosesnya," ujar pria kelahiran Metro, Lampung ini.

Bekal kesuksesan menjadi tuan rumah Asian Games selama dua kali dan regenerasi yang optimal, menurut Eko, akan melancarkan terselenggaranya Olimpiade dan melahirkan prestasi untuk Tanah Air.

Hal serupa juga dikatakan oleh pebulu tangkis Hendra Setiawan dan atlet tolak peluru Eki Febri Ekawati. Pemilik medali emas Olimpiade 2008 Beijing Hendra berharap Indonesia sukses memenangkan bidding sebagai tuan rumah multievent terbesar di dunia. Hanya ia menyarankan agar persiapannya dibuat lebih baik lagi.

"Semoga bisa tercapai apalagi jika melihat kemarin Asian Games 2018 kita sukses jadi tuan rumah, seharusnya Olimpiade pun bisa. Tapi persiapannya harus lebih baik lagi dari kemarin," kata Hendra. "Semua harus diperhatikan, terutama athlete village-nya harus lebih oke lagi."

Baca Juga :
Ambisi Pasangan Baru Tontowi/Winny Raih Tiket Olimpiade Tokyo 2020

Sementara itu, Eki, peraih medali emas SEA Games 2017 juga percaya dengan sumber daya manusia dan fasilitas yang lebih baik, maka persiapan akan lebih mudah. "Sangat berharap Indonesia bisa menjadi tuan rumah. Apalagi kan itu terakbar di dunia, lebih tinggi dari Asian Games jadi saya sangat mendukung penuh. Ibaratnya jika kita bisa mengadakan Olimpiade di negara sendiri akan menjadi sejarah yang luar biasa untuk dikenang nanti oleh anak cucu kita," lanjut Eki.

angkah Indonesia yang secara resmi mengajukan diri sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032 juga disambut hangat oleh insan olahraga Sekretaris Jenderal Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Achmad Budiharto. Ia mengatakan, jika Indonesia terpilih sebagai tuan rumah tentunya akan menjadi tantangan bagi para atlet.

"Kita selalu menanamkan kepada para atlet, setiap peluang harus dimanfaatkan. Apalagi, kalau kita sebagai tuan rumah Olimpiade, pasti dapat dukungan dari penonton. Ini tentu jadi tantangan," kata Budiharto seperti yang ditulis Republika. Direktur Superliga Badminton ini kerap mengapresiasi upaya pemerintah untuk menghadirkan Olimpiade di Indonesia. Dengan pengalaman pernah menjadi tuan rumah ajang SEA Games dan Asian Games, tentunya akan menjadi keuntungan bagi Indonesia untuk terpilih.

Jika Indonesia sudah dapat kepastian sebagai tuan rumah Olimpiade, lanjut dia, semua cabor harus mempersiapkan diri lagi, termasuk bulu tangkis. Untuk persiapan tersebut, ia menyebut hal terpenting adalah regenerasi dan pembinaan usia dini. Hal itu karena setiap pemain memiliki puncak permainannya masing-masing lalu menurun seiring usia. Dia pun meminta jangan sampai suatu cabor mengandalkan pemain yang sama terus-menerus.

Insan olahraga lainnya, yakni Manajer Tim PB Djarum Kudus, Fung Permadi juga menyampaikan dukungan terhadap pengajuan Indonesia sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032. Menurutnya, PB Djarum Kudus sudah melakukan pembinaan atlet sejak usia dini yang suatu saat bisa ikut berjuang di Olimpiade 2032.

"Kita memang membina tujuannya sudah jangka panjang, misalnya dengan mengadakan audisi di daerah-daerah. Bahkan, PB Djarum sudah membina atlet dari usia delapan tahun. Berarti kalau Olimpiade 2032, sekitar usia 20-21 tahun dan mungkin bisa bertanding nanti," ujar Fung di GOR Sabuga Bandung, tempat berlangsungnya Djarum Superliga Badminton 2019.

Selain Indonesia, gabungan Korea Selatan dan Korea Utara juga mencalonkan diri menjadi tuan rumah dalam Olimpiade musim panas tersebut. Proses pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032 akan dilaksanakan selambat-lambatnya pada 2024. Tokyo, Paris, dan Los Angeles kini telah ditetapkan sebagai tuan rumah Olimpiade berturut-turut pada tahun 2020, 2024, dan 2028.

Baca Juga :
Indonesia Bertekad untuk Menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Pariyono, Muhamad Dahroji | Editor: | 23 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company