image Maskot Olimpiade Tokyo 2020

Jepang Buat Medali Olimpiade 2020 Dari Sampah Elektronik

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Pariyono, Istimewa | Editor: | 23 February 2019

uploads/news/2019/02/jepang-buat-medali-dari-3453992c39f938e.jpg

Jepang Buat Medali Dari Sampah

maskot-olimpiade-tokyo-2020-5522739d044ff49
SPORTKU.COM

Jepang seakan tak pernah kehabisan ide untuk memukau dunia dengan kreativitas dan inovasi-inovasinya, termasuk membuat medali olimpiade dari ponsel tua.

Jepang resmi terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade 2020 pada September 2013 yang lalu. Saat itu, sejumlah warga Jepang bangun sangat pagi, sementara sebagian lainnya begadang sepanjang malam untuk mendengar keputusan yang dibacakan dari Buenos Aires, Argentina. Dari sejumlah tayangan stasiun televisi, Ketua IOC Jacque Rogge menyatakan Jepang menjadi tuan rumah Olimpiade, teriakan gembira langsung membahana.

Tokyo sendiri terakhir kali menjadi tuan rumah Olimpiade pada 1964 bersaing dengan Istanbul dan Madrid. Madrid, yang gagal dalam dua kali pencalonan, tahun ini kembali tersingkir di putaran pertama. Kondisi tersebut akhirnya menyisakan Tokyo dan Istanbul. Sayangnya, peluang Istanbul tertutup karena sejumlah hak yang dianggap memberatkan, misalnya skandal doping, serta pemenjaraan musuh politik dan wartawan.

Olimpiade 2020 nantinya bakal diresmikan oleh Kaisar Jepang dan diselenggarakan pada (24/7) hingga (9/8) mendatang di New National Stadium Tokyo. Kini, Jepang tengah mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyukseskan pesta olahraga empat tahunan tersebut, termasuk persiapan medali.

Jepang melakukan sebuah terobosan unik dengan membuat medali olimpiade dari gawai-gawai usang yang tak terpakai. Pihak penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 masih berupaya mengumpulkan beragam gawai usang sebagai bahan untuk membuat medali Olimpiade dan Paralimpiade. Upaya pengumpulan gawai usang ini akan terus berlangsung sampai Maret nanti.

Baca Juga :
Downhill Sulit Masuk Olimpiade, Ini Alasannya

Dilansir dari Republika, salah satu jenis gawai yang dikumpulkan adalah ponsel pintar maupun ponsel tua yang tak terpakai lagi. Beberapa jenis gawai lain yang turut dikumpulkan adalah kamera digital hingga stick game dan laptop tua.

Gawai-gawai usang ini akan digunakan untuk membuat medali emas, perak dan perunggu dalam ajang Olimpiade dan Paralimpiade yang akan digelar di Jepang pada 2020. Target yang ingin dicapai adalah mengumpulkan 30,3 kilogram emas, 4.100 kilogram perak dan 2.700 kilogram tembaga. Pihak penyelenggara meyakini target ini akan tercapai pada 31 Maret.

Seperti diketahui, proyek pengumpulan alat elektronik tak terpakai ini sudah dimulai sejak 2017. Pihak penyelenggara mengumpulkan gawai atau alat elektronik tak terpakai ini dari masyarakat, kalangan bisnis hingga industri. Menurut laporan BBC, target pengumpulan perunggu telah tercapai pada Juni 2018. Sedangkan target pengumpulan emas sudah tercapai 90 persen dan target pengumpulan perak sudah tercapai 85 persen per Oktober lalu.

Pada bulan November 2018, pihak penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 mencatat ada 47.488 ton gawai tak terpakai yang berhasil dikumpulkan. "Diperkirakan sisa logam yang dibutuhkan untuk membuat semua medali Olimpiade dan Paralimpiade bisa diambil dari gawai-gawai yang telah didonasikan," ungkap pihak penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 dalam sebuah pernyataan seperti dilansir BBC.

Hingga saat ini, desain medali untuk Olimpiade dan Paralimpiade di Jepang belum diketahui. Namun, berdasarkan kutipan New York Post desain medali Olimpiade dan Paralimpiade di Jepang akan segera ditunjukkan ke muka publik pada akhir tahun 2019 ini.

Maskot Olimpiade Tokyo 2020

maskot-olimpiade-tokyo-2020-5522739d044ff49.jpg

Baca Juga :
Maskot Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 Tampil

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Pariyono, Istimewa | Editor: | 23 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company