image

Tatiana Calderon Resmi Jadi Pebalap Wanita Pertama di Formula 2 2019

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Twitter Tatiana Calderon | Editor: Andi Wahyudi | 24 February 2019

SPORTKU.COM

Tatiana Calderon menjadi pebalap wanita pertama yang lulus sebagai pengemudi mobil balap kursi tunggal Formula 2 2019.

Pebalap Kolombia itu akan bergabung dengan tim BWT Arden bersama juara GP3 2018 Anthoine Hubert. "Saya sangat bersemangat untuk bersaing di Kejuaraan FIA F2 dengan Tim BWT Arden dalam kemitraan teknis dengan HWA," kata Calderon. "Ini adalah tantangan baru dalam karier saya dan selangkah lebih dekat ke tujuan akhir saya, Formula 1.

Calderon juga yakin dirinya akan mencapai hal-hal besar bersama tim di kejuaraan Formula 2 2019, terlebih ia menjadi pebalap wanita pertama sepanjang sejarah yang berhasil duduk di mobil balap single seater F2. "Saya tidak sabar menunggu pengujian dimulai minggu depan!" tambahnya.

Sebelumnya pebalap 25 tahun itu melakoni debut di mobil balap Formula 2 pada sesi tes pasca-musim di Abu Dhabi tahun lalu. Dilansir dari thecheckeredflag, Calderon sangat terkesan dalam sesi tes tersebut. Meskipun pada sesi pagi hari ia hanya mampu menjadi yang tercepatdi urutan ke-13, tapi pada sesi berikutnya Calderon berusaha untuk memperbaiki waktu dan berhasil.

Baca Juga :
Tatiana Calderon, Resmi Bergabung Bersama Alfa Romeo Sauber

Calderon mengikuti sesi tes memang untuk mengamankan kursi pertamanya di tahun 2019 Ia telah membalap di kejuaraan GP3 selama tiga musim berturut-turut, dan memang ada rencana untuk naik kelas ke balapan single seater Formula 2 di musim ini. Sebelum tes Formula 2, Calderon baru saja mendapat kesempatan menjajal mobil balap Formula 1 milik tim Sauber.

Calderon mencicipi mobil Sauber F1 untuk pertama kalinya pada bulan November kemarin dan menuntaskan 202 lap selama dua hari di Sirkuit Fiorano Inggris dalam rangka pembuatan film. Meskipun hanya sebentar, Calderon merasa ini adalah pengalaman yang luar biasa di sepanjang karier balapnya.

Calderon juga sempat ditawari untuk menjajal mobil Gen2 Formula E. Ia pun mengiyakan untuk mengambil bagian dalam tes pasca putaran pertama di Ad Diriyah. "Saya merasa mereka benar-benar senang dengan pekerjaan yang saya lakukan. Jadi saya berharap bisa diberi kesempatan yang sama untuk menguji mobil itu lagi," ujar Calderon.

Kejuaraan mobil listrik Formula E digadang-gadang akan menjadi balapan masa depan yang tak kalah bergengsi dengan F1. Akan tetapi, Calderon saat ini telah menetapkan pandangannya pada kejuaraan FIA Formula 2 2019 dan pada konsolidasi hubungannya dengan Sauber.

"Kami senang menyambut Tatiana kembali ke kandang Arden," kata Garry Horner yang ikut mendirikan Arden bersama putranya, bos tim Red Bull F1 Christian Horner. "Hasil pengujiannya baru-baru ini di Formula 2 sangat mengesankan dan saya yakin dia akan menjadi rekan setim yang kuat bersama Anthoine."

Baca Juga :
Debut Tatiana Calderon di Formula 2

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Twitter Tatiana Calderon | Editor: Andi Wahyudi | 24 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

5 Fakta Baru di TTI

5 Fakta Baru di TTI

CIRCUIT
Safety Car McLaren British GT

Safety Car McLaren British GT

SPORTCAR
Bridgestone Tetap Eksis di Motorsport

Bridgestone Tetap Eksis di Motorsport

CIRCUIT
Mobil Balap Baru Toyota

Mobil Balap Baru Toyota

SPORTCAR

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company