image Renault RS19 McLaren MCL34

Rangkuman Tes Pramusim Formula 1 2019 Pertama di Barcelona

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 24 February 2019

uploads/news/2019/02/rangkuman-tes-pramusim-f1-90955b2b82d54bd.jpg

Rangkuman Tes Pramusim F1 Pertama

renault-pada-sesi-tes-5207628de249b1a
mclaren-f1-mcl34-pada-26763ed1d79bcc5
rangkuman-tes-pramusim-formula-63545284318ed27
rangkuman-tes-pramusim-formula-16751c822f2e2e7
SPORTKU.COM

Seluruh tim dan pebalap Formula 1 telah mengikuti rangkaian tes pramusim pertama yang berlangsung di Sirkuit Barcelona.

Sesi pengujian pramusim dimanfaatkan oleh seluruh tim untuk menguji mobil anyar yang diluncurkan beberapa hari sebelumnya. Meski ini hanya percobaan, namun sangat berpengaruh pada performa dan kinerja mesin baru mereka. Terlebih hasilnya dapat dijadikan gambaran untuk kesiapan mereka saat menghadapi putaran pertama kejuaraan Formula 1 2019 yang berlangsung di Australia pada Maret mendatang.

Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel yang turun di hari pertama pengujian, berhasil memimpin dengan raihan waktu 1menit 18,161detik, sementara rekan setimnya Charles Leclerc unggul di hari kedua dengan waktu tercepat 1menit 18,247detik. Tapi siapa sangka raihan waktu tercepat justru dibukukan oleh pebalap Renault Nico Hulkenberg yang turun di sesi hari akhir dengan waktu 1menit 17,393detik.

Sementara urutan kedua dan ketiga dihuni oleh duo Toro Rosso dengan formasi pebalap baru di musim ini, Alexander Albon dan Daniil Kvyat. Pebalap Thailand mencatatkan waktu 1menit 17,637detik di hari keempat, dan Kvyat 1menit 17,704detik di hari ketiga.

Posisi keempat ada mantan pebalap Maranello Kimi Raikkonen yang mengemudi mobil baru Alfa Romeo C38, diikuti oleh Daniel Ricciardo yang melaju lebih cepat dari duo Mercedes dan Ferrari. Peringkat kesepuluh diisi oleh pebalap pemula McLaren Lando Norris dengan waktu 1menit 18,431detik.

Tim Williams yang memutuskan absen di dua hari pengujian, baru muncul di hari ketiga sore hari dengan pebalapnya George Russell yang mengemudikan FW42. Pebalap Inggris itu mengaku belum sepenuhnya tampil maksimal dan hanya sanggup berputar sebanyak 23 lap dengan catatan waktu 1menit 25,625detik.

Keesokan harinya Russell kembali turun dengan memperbaiki waktu menjadi 1menit 20,997detik, tapi masih jauh berada di posisi ke-20. Sementara Robert Kubica memperoleh waktu yang membawanya menduduki peringkat paling akhir ke-21. "Anda bisa merasakan kalau mobilnya terasa masih kurang sesuatu," kata Kubica. "Saya pikir masih banyak yang harus ditambahkan, mungkin tidak begitu banyak."

Baca Juga :
Daftar Pebalap Formula 1 yang Ikut Tes Pra-musim di Barcelona

Wakil Kepala Tim, Claire Williams tidak mau mengungkapkan alasan spesifik di balik keterlambatan FW42, mereka cukup percaya bahwa serangkaian faktor datang secara bersamaan untuk merusak pengenalan mobil di waktu yang sudah ditentukan. "Jelas kami tahu penyebab utamanya, tapi kami tidak ingin benar-benar merinci. Kami hanya perlu melakukan analisis dan yang paling penting sekarang kami telah mendapatkan mobil ini di sini," ujar Claire.

Sementara itu, pebalap Mercedes Lewis Hamilton menyelesaikan putaran terbanyak dengan raihan 307 lap, diikuti oleh rekan setimnya Valtteri Bottas dan rival kejuaraan 2018 Sebastian Vettel yang keduanya terikat pada 303 lap. Penghitungan Hamilton 307 lap masih lebih unggul 78 dari yang dicapai Pierre Gasly pada tes pembukaan 2018 ketika ia memuncaki hitungan dengan 229 lap, meskipun tes saat itu dilanda cuaca buruk, dengan hampir sepanjang hari hilang karena kondisi salju.

Duo Williams lagi-lagi harus duduk di bagian bawah tabel dengan Robert Kubica 48 lap dan George Russell 40 lap. Pebalap cadangan Haas, Pietro Fittipaldi yang turun di hari kedua dan ketiga pengujian mampu melahap sirkuit 20 lap lebih unggul dari Russell. Pebalap Brasil itu sebenarnya dijadwalkan untuk duduk di kursi VF19 pada hari ketiga dan keempat, namun ia dipanggil lebih awal karena ada masalah pada pemasangan kursi Kevin Magnussen.

"Saya benar-benar terkejut. Harusnya pada sore hari saya hanya menonton aksi mereka di lintasan. Tapi insinyur meminta saya untuk turun lebih awal, jadi saya katakan padanya bahwa saya siap," kata Fittipaldi. "Awalnya, saya benar-benar berpikir itu adalah lelucon, tetapi dia harus mengatakan kepada saya bahwa ini serius. Dia bilang saya harus masuk ke mobil sekarang, dan saya langsung berpakaian secepat mungkin."

Tim Mercedes menduduki puncak hitungan dengan 610 laps, hanya sedikit lebih banyak dari Ferrari yang memakan 598 lap. Di urutan ketiga ada Alfa Romeo dengan 507 laps, sedangkan keempat dan kelima diisi oleh Toro Rosso dan Red Bull Racing yang masing-masing memperoleh 482 dan 475. Williams datang di bagian bawah grafik dengan 88 lap yang memalukan, hanya 13% dari total perhitungan Mercedes.

Adapun untuk unit daya, Ferrari berada di depan para pesaingnya berkat keandalan yang solid dari masing-masing tim (Ferrari, Alfa Romeo dan Haas). Kedua ditempati Honda yang hanya dengan hanya dua tim (Red Bull dan Toro Rosso), Mercedes ketiga bersama tiga tim (Mercedes, Williams, dan Racing Point) dan terakhir Renault yang berada di posisi terbawah dengan hanya 855 putaran antara dirinya dan McLaren.

Secara rata-rata, jika dibagi berdasarkan jumlah tim, Ferrari menyelesaikan 496 lap per tim, Honda 478, Renault 427 dan Mercedes 315.

rangkuman-tes-pramusim-formula-63545284318ed27.jpg

Baca Juga :
Ini Alasan Tim Williams Absen Dua Hari Tes Pramusim

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 24 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company