image

Nico Hulkenberg: Rear Wing Mobil Formula 1 Seperti Parasut!

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Renault Sport | 24 February 2019

SPORTKU.COM

Mengalami beberapa perubahan dari bentuk mobil, Nico Hulkenberg pebalap Renault Sport turut mengemontari bentuk rear wing terbarunya.

Tahun ini FIA telah menetapkan perubahan regulasi mengenai bentuk rear wing untuk mobil Formula 1 2019. Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, bahwa bentuk dari rear wing mengalami perubaha dari segi dimensi dan hal lainnya. Melihat perubahan tersebut, Nico Hulkenberg, rekan satu tim Daniel Ricciardo di Renault Sport menyampaikan komentarnya terkait perubahan tersebut.

"Saya akan mengatakan iya (ada dampak). Tapi di sisi lain, Anda tahu, kita memiliki lebih banyak hambatan dengan sayap beakang yang besar, sehingga jelas kamu memiliki lebih sedikit sensasi. Sekarang ini seperti menarik parasut, Anda tahu, melintasi garis lurus, dan Anda hanya melihat sayap belakang besar di kaca spion, dan jelas yang berdampak pada kekuatan," ujar Nico Hulkenberg.

Baca Juga :
Renault Sport Terkena Dampak Regulasi Baru F1 2019

Secara penuh, bagi Hulkenberg itu adalah sisi yang paling terasa. Jika dibandingkan dengan perangkat lainnya, Hulkenberg masih tetap merasakan hal yang sama dengan mobil tahun lalu. Posisi duduk dan lingkar kemudi menjadi hal yang dirasa masih sama seperti tahun lalu.

"Itu tidak merasakan seperti binatang yang sama sekali berbeda, itu lebih seperti perasaan pulang ke rumah. Bagi saya, toh memang belum banyak berubah. Kami punya setir yang sama misalnya, posisi duduknya sangat mirip, jadi mungkin aku juga tidak mengharapkan adanya perbedaan besar. Jelas peraturan aero itu sulit untuk menilai dan mengantisipasi bagaimana itu akan mempengaruhi perasaan, tetapi untuk saat ini tidak begitu berbeda," tambah Hulkenberg.

Meski merasa demikian, namun pada hari terakhir pengujian tes pramusim, Nico Hulkenberg menempati posisi teratas dengan torehan waktu tercepatnya satu menit 17,393detik. Sementara itu, rekan satu timnya, Daniel Ricciardo, juga mencatatkan waktu tercepatnya satu menit 17,785detik dan menempati posisi ketiga tercepat pada hari terakhir pengetesan.

Baca Juga :
Williams Pastikan Turun di Putaran Pertama Formula 1 2019, Australia

 

Sebelum itu, saat sesi tes pramusim, Daniel Ricciardo sempat mengalami insiden yang tidak menyenangkan lantaran terjadi kerusakan pada bagian rear wing ketika tengah melaju di lintasan lurus. Dalam sebuah tayangan ulang yang dirilis Formula 1, bagian atas rear wing yang berfungsi sebagai DRS terlepas dan menyebabkan Daniel Ricciardo harus masuk ke area gravel.

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Renault Sport | 24 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

5 Fakta Baru di TTI

5 Fakta Baru di TTI

CIRCUIT
Safety Car McLaren British GT

Safety Car McLaren British GT

SPORTCAR
Bridgestone Tetap Eksis di Motorsport

Bridgestone Tetap Eksis di Motorsport

CIRCUIT
Mobil Balap Baru Toyota

Mobil Balap Baru Toyota

SPORTCAR

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company