image

Ini Kegiatan yang Ingin Dilakukan Debby Susanto Selepas Pensiun

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Badminton Indonesia | Editor: Andi Wahyudi | 25 February 2019

SPORTKU.COM

Pasca resmi pensiun, pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, Debby Susanto menyatakan keinginannya untuk berlibur bersama keluarga.

Pada acara final Djarum Superliga Badminton 2019 yang berlangsung di GOR Sabuga, Bandung, Jawa Barat kemarin, Minggu (24/2), telah diadakan acara perpisahan untuk pebulu tangkis ganda campuran Debby Susanto yang akhirnya memutuskan untuk pensiun setelah 17 tahun berkarier di dunia bulu tangkis.

Acara tersebut dibuat oleh PB Djarum, selaku klub yang menaungi Debby untuk memberikan apresiasi atas prestasi yang pernah ditorehkan oleh atlet asal Palembang itu. "Masa keemasan suatu atlet pasti ada batasnya. Kami sangat menghargai bagaimana Debby selama 17 tahun menghabiskan waktunya untuk bulu tangkis Indonesia," kata Sekjen PP PBSI, Achmad Budiharto.

Sebelum memutuskan untuk pensiun, Debby pernah mengunggah sebuah postingan di akun media sosialnya. Atlet kelahiran 3 Mei 1989 silam itu berusaha menjelaskan alasan dirinya gantung raket tepat di 17 tahun perjalanannya sebagai pemain bulu tangkis Merah Putih.

"Selama 17 tahun lebih dari setengah usia saya, saya habiskan dan isi dengan bulu tangkis dengan membawa nama Susanto dan Indonesia. Dalam perjalanan selama 17 tahun banyak suka duka, perjuangan, keringat, dan air mata. Saat itu saya hanya berfokus pada bulu tangkis bahkan mengesampingkan keluarga dan teman-teman saya."

Baca Juga :
Debby Susanto Resmi Pensiun

Kendati demikian, Debby menyadari bahwa yang terjadi di dunia ini semua ada waktunya. "Sekarang saatnya saya melepaskan genggaman raket yang selalu saya pegang dengan erat, melepaskan pegangan raket yang telah membawa saya pada titik saya saat ini. Sekarang saatnya untuk berpetualangan, dan mengutamakan prioritas dalam hidup saya, yaitu keluarga," tambahnya.

Kemarin di Bandung, usai menghadiri acara perpisahannya Debby mengatakan, bahwa hal pertama yang ingin ia lakukan selepas resmi pensiun adalah jalan-jalan bersama orangtuanya. "Setelah pensiun, hal yang pertama ingin saya lakukan adalah jalan-jalan dulu sama mama," ujar Debby. "Kalau sekarang jujur, belum terpikir ingin menjadi pelatih. Semisal ke depan kalau memang ada jalan dan kesempatan ya akan dijalani, tapi kalau sekarang sih belum ada," pungkasnya.

Dalam agenda perpisahan yang dimulai sebelum pertandingan final tim putra Djarum Superliga Badminton 2019, Debby juga tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada sejumlah pihak yang sudah mendukung kesuksesannya hingga sekarang.

Debby Susanto merupakan atlet bulu tangkis di sektor ganda campuran yang sebelumnya berpasangan dengan Praveen Jordan. Keduanya pernah meraih gelar juara All England pada tahun 2016. Sebelumnya, Debby juga sukses mengantongi dua emas SEA Games, pada tahun 2013 bersama Muhammad Rijal, dan tahun 2015 bersama Praveen.

Baca Juga :
Terima Kasih Lindswell, Debby, dan Butet!

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Badminton Indonesia | Editor: Andi Wahyudi | 25 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Kejuaraan Tim Campuran Badminton Asia

Kejuaraan Tim Campuran Badminton Asia

BADMINTON
PB Djarum Akhiri Puasa Gelar

PB Djarum Akhiri Puasa Gelar

BADMINTON
Debby Susanto Resmi Pensiun

Debby Susanto Resmi Pensiun

BADMINTON
Shiori Ebihara Kagum Dengan Gregoria

Shiori Ebihara Kagum Dengan Gregoria

BADMINTON

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company