image

Transformasi 'Gila' NSH Jakarta

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : IBL | Editor: Andi Wahyudi | 28 February 2019

SPORTKU.COM

NSH Jakarta, sebuah tim basket semenjana yang kini bertransformasi menjadi raksasa.

Sebuah revolusi luar biasa dilakukan oleh NSH Jakarta memasuki musim kompetisi IBL Pertamax 2018/2019. Bagaimana tidak, jika semusim sebelumnya mereka berada di posisi buncit Divisi Merah dengan satu kemenangan, musim ini hasilnya jauh berbeda. 

Musim ini, di tangan pelatih bermental juara, Wahyu Widayat Jati, NSH sukses menjuarai Divisi Merah dengan perolehan 30 poin, hasil dari 12 kemenangan dan enam kekalahan dari 18 pertandingan. Mereka bahkan sukses mengangkangi jawara bertahan, Satria Muda Pertamina yang finis di tempat ketiga. 

Sebuah pertanyaan pasti muncul, bagaimana bisa NSH yang musim lalu menjadi bulan-bulanan, sekarang justru menjadi tim yang sangat disegani. Sang pelatih, Wahyu Widayat Jati akhirnya membeberkan faktor kunci progres pesat tim yang dibesutnya. 

“Sebenarnya kunci kita ada di persiapan. Kalau musim lalu persiapan memang kurang karena setelah ditunjuk menjadi pelatih saya belum bisa fokus pada NSH. Waktu itu saya masih melatih di Surabaya, jadi weekend pasti bolak balik Jakarta-Surabaya, waktu untuk NSH sedikit. Di tahun ini beda, kita persiapan lebih panjang, otomatis lebih baik," ungkap Cacing sapaan akrabnya kepada SPORTKU. 

“Setelah musim lalu berakhir, saya cuma kasih break ke pemain 3 minggu setelah itu mulai latihan sampai puasa dan kembali usai lebaran".

Selain masalah persiapan, faktor mental dan berbagai standar anyar diterapkan oleh Cacing untuk meningkatkan performa pemainnya di lapangan. “Mulai musim ini saya kasih standar Vo2max dan segi strength".

Baca Juga:
Hajar Madrid, Valverde Merasa Aneh

“Yang paling penting faktor mental juga saya benahi. Saya bilang ke pemain kalau mau bertahan berikan good impresion atau saya cari orang baru. Problem tim-tim papan bawah itu sebenarnya ada di mental. Mereka selalu berpikir main basket hanya sekadar main aja, itu yang saya benahi,” tambah Cacing. 

Pria yang pernah membela Satria Muda dan Stapac Jakarta semasa aktif bermain ini memang dikenal sangat keras terhadap para pemainnya. Tak jarang, ia kerap bersikap keras dan melontarkan kritik secara terbuka. 

“Sebenarnya treatment yang saya berikan berbeda. Yang jelas sebagai pelatih saya akan melakukan segala cara agar tim bermain maksimal, cara itu (marah-marah) kalau diperlukan ya saya gunakan. Bisa dilihat waktu kita lawan Satria Muda, anak-anak main santai, hampir saja mereka (SM) mengejar. Kita sebagai tim ngga bisa main santai, kalau sudah begitu level juga pasti menurun".

Bagaimanapun caranya, yang jelas Cacing untuk sementara berhasil membangkitkan NSH jadi tim yang menakutkan. Terbukti tiket semifinal telah didapat, sehingga mereka tinggal menunggu lawan dari pemenang laga Satria Muda vs Bima Perkasa Jogja di play off. 

Namun, Cacing juga tak ingin berpuas diri. Ia menyebut masih banyak kekurangan yang ada dalam timnya. “Yang terpenting dalam defense bisa konsisten, kadang kita bisa main bagus, tapi di pertandingan berikutnya jelek sekali. Sekarang anak-anak sering buru-buru," imbuh pria berusia 41 tahun itu. 

Kini, target awal telah dicapai, yakni fase semifinal. Ke depan, target juara berani dicanangkan NSH Jakarta. “Kalau bisa kenapa ngga buat juara. Apalagi ada bonus yang menanti, sambil menyelam minum air lah,” pungkasnya sembari tertawa. 

Baca Juga:
Empat Tim Saling Sikut di Babak Play Off IBL

 

 

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : IBL | Editor: Andi Wahyudi | 28 February 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company