image Yohan "> Yohan ">

Yohan Mulia Terus Asah Keterampilan Bertarung

Text : Andi Wahyudi | Photo / Video : One Championship | 5 March 2019

uploads/news/2019/03/yohan-mulia-terus-asah-95156529f591329.JPG

Yohan Mulia Terus Asah Keterampilan

yohan-mulia-legowo-foto--4388766414c52ac
yohan-mulia-legowo-foto--5722179f8013b59
SPORTKU.COM

Usia tidak menjadi penghalang bagi Yohan Mulia Legowo untuk beraksi di arena One Championship.

Petarung yang dijuluki The Ice Man ini memang genap berusia 38 tahun. Sebuah usia yang tidak muda lagi. Namun The Ice Man tidak peduli. Baginya usia bukan halangan untuk meraih mimpi dan prestasi. Dan pada bulan maret ini Yohan akan berhadapan dengan petarung Phoe "Bushido" Thaw di ajang ONE: Reign of Valor di Myanmar.

Reign of Valor akan menjadi arena pembuktian Yohan yang terakhir tampil di gelaran ONE pada januari 2018. Menghadapi laga ini, Yohan mengaku sedang mengasah skil grappling sekaligus menjaga kondisi fisiknya untuk melewati tes medis di dalam divisi ONE Featherweight.

Diakui Yohan dirinya tidak lagi se-eksplosif satu dekade lalu. Prinsipnya adalah untuk menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya.

“Semua tergantung rutinitas, dalam arti saya senang berlatih setiap hari bukan semata-mata karena akan bertanding saja. Ada yang berlatih hanya karena mau bertanding saja, dimana hal ini dapat membuat kondisi tidak stabil,” kata Yohan.

Simak Juga :
Highlights Shorinji Kempo PMO III

 

Latihan rutin bagi pendiri Han Academy ini adalah kunci keberhasilan untuk menjaga kondisi tubuh. Dalam seminggu, ia hanya beristirahat selama satu hari – yang dilakukannya untuk beristirahat dan meregangkan otot.

“Usia diatas 35 kalau kendor sedikit bisa bikin [kondisi fisik] turun jauh. Latihan bagi saya sudah menjadi watak, seperti halnya penyanyi yang bernyanyi bukan karena mau ikut lomba,” kata Yohan. “Untungnya, kondisi disekitar saya [sasana latihan] sangat mendukung.”

Ia juga mengikuti perkembangan sport science untuk mengukur dan meningkatkan kemampuan atlet, dimana kedisiplinan menjaga kondisi menjadi faktor utama dalam menjaga performa.

“Negara-negara lain sudah sangat maju dalam menerapkan sport science, namun itu bukan satu-satunya faktor kesuksesan,” sebutnya. “Saya sempat melatih selama 3 bulan di Singapura sekitar tahun 2011, dan yang membuat saya takjub adalah kedisiplinan mereka dalam latihan. Buktinya sekarang atlet mereka sangat maju.”

Pelatih profesional ini sempat dilanda cedera patah tangan pada tahun 2007 yang membuatnya absen dari pertandingan dan latihan selama lebih dari enam bulan. Namun, hal ini tidak membuatnya patah arang.

“The Ice Man” mampu bangkit dari keterpurukan dan mampu kembali menciptakan kemenangan. Saat ini, ia mencatat delapan kemenangan dan tujuh kekalahan dalam ajang MMA profesional.

Tetapi, Yohan mengatakan angka kemenangannya jauh diatas itu, karena beberapa pertandingan tidak tercatat secara resmi.

Simak Juga :
Highlights One Championship Eternal Glory

 

Text : Andi Wahyudi | Photo / Video : One Championship | 5 March 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Harapan Petarung ONEFC Terkait Pemilu

Harapan Petarung ONEFC Terkait Pemilu

ONE CHAMPIONSHIP
Bela Diri yang Dipelajari Priscilla

Bela Diri yang Dipelajari Priscilla

ONE CHAMPIONSHIP
Atlet ONEFC Kampanyekan Kebersihan Lingkungan

Atlet ONEFC Kampanyekan Kebersihan Lingkungan

ONE CHAMPIONSHIP
Mengenal The Golden Boy

Mengenal The Golden Boy

ONE CHAMPIONSHIP

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company