image Petarung Bali MMA konsisten berlatih

Bagaimana Atlet Bali MMA Merayakan Hari Raya Nyepi

Text : Andi Wahyudi | Photo / Video : One Championship | 7 March 2019

uploads/news/2019/03/atlet-bali-mma-sambut-12212ed47ab0a2c.JPG

Atlet Bali MMA Sambut Nyepi

one-fc-maret-2019-55624b924e2aefa
SPORTKU.COM

Hari Raya Nyepi memiliki keunikan tersendiri, terutama bagi umat Hindu Bali. Mereka menjalani hari raya ini dengan kesunyian dan keheningan, selain juga berpuasa.

Sepanjang hari tersebut, para umat mengkhususkan diri dengan refleksi pribadi dan tidak melakukan kegiatan apapun. Selama Nyepi, berbagai sektor publik di Bali juga taat dan menghormati hari raya ini. Hanya para Pecalang, yang terlihat berpatroli untuk menjaga aturan-aturan Nyepi.

Para atlet ONE Championship yang berlatih di Pulau Dewata ini juga turut merayakan hari raya ini, termasuk Stefer “The Lion” Rahardian dan Anthonty “The Archangel” Engelen – dua dari sekian banyak atlet asal Indonesia dan luar negeri yang berlatih di Bali MMA.

Stefer berbagi cerita tentang menjalani aktivitas selama perayaan Nyepi. Menurut petarung berjuluk "The Lion" ini, sebelum perayaan Nyepi maka ada berbagai upacara adat yang digelar, antara lain upacara Mecaru, Pengerupukan – yang bertujuan mengusir buta kala atau kejahatan, serta perayaan ogoh-ogoh di malam hari.

“Latihan pribadi selama hari raya Nyepi jelas tidak bisa dilakukan, bahkan tidak ada kegiatan sama sekali. Untuk menghormati hari raya Nyepi, gym kami tutup hingga perayaan berakhir,” ujar atlet yang bertanding dalam divisi strawweight ini.

Baca Juga :
Uji Ketahanan Hyundai i30 di 24Hr Nurburgring

 

Sebagai pendatang di Bali, Stefer sadar betul akan pentingnya berbaur dengan budaya setempat.

“Cara saya dan teman-teman menyesuaikan diri dengan berbagai budaya lokal Bali adalah dengan saling menghargai sesama, saling menghargai warga serta budaya setempat, utamanya saat kami berada di luar tempat latihan,” jelasnya.

Bagi Anthony “The Archangel” Engelen, salah seorang atlet ONE yang juga tergabung di Bali MMA, tahun ini adalah kali pertama ia berada di Pulau Dewata selama perayaan Nyepi. Atlet berusia 33 tahun ini sudah bersiap dengan persediaan makanan sepanjang hari Nyepi. “Saya berencana untuk bersantai selama Nyepi, selain juga melakukan refleksi pribadi dan meluangkan waktu bagi tubuh saya untuk pulih,” katanya.

“Nyepi adalah momentum yang baik untuk merasakan kedamaian dan keheningan, karena kita semua sesekali membutuhkan kedua hal itu.” “Bagi saya, Bali adalah salah satu tempat paling spesial di dunia. Saya tidak pernah merasa bosan,” tambahnya.

Ternyata, Anthony juga menyimpan kepedulian tersendiri pada Bali. Menurutnya, pemerintah Indonesia harus lebih fokus pada pendidikan; baik di Bali dan berbagai tempat lain di Indonesia.

“Pendidikan sangat penting untuk memajukan negara ini. Pengolahan sampah juga penting, karena banyak anak yang tidak diajari orangtuanya atau teman-temannya untuk buang sampah pada tempatnya. Mereka buang sampah ke sungai atau jalan dan akan terus melakukan itu,” kata petarung blasteran Indonesia-Belanda ini.

“Ini lingkaran kebiasaan yang berbahaya dan merupakan masalah yang sangat besar, khususnya bagi tempat seperti Bali yang keindahan alamnya dianggap seperti 'surga'.”

“Seluruh warga Bali, juga warga pendatang atau orang asing, ingin melakukan sesuatu sebelum semuanya terlambat; dan itu semua dimulai dari pendidikan.”

Baca Juga :
5 Atlet Gaek Tereksis, dari Rossi Hingga Buffon

 

 

Text : Andi Wahyudi | Photo / Video : One Championship | 7 March 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company